Rabu, 30 November 2011

ORGANISASI & MENEJEMEN

ORGANISASI & MENEJEMEN

Disampaikan dalam kegiatan TDO Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara (IMSU)
OLEH Jefri Susetio

Sebagai seorang mahasiswa kata organisasi tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita, di berbagai sudut kampus hampir setiap hari kita mendengarnya. Kata organisasi sendiri berasal dari kata organo yang dalam bahasa yunaninya berakti alat. Pengertian organisasi sendiri sudah banyak disampaikan oleh parah ahli walaupun tidak ada bedahnya. Secara sederhana organisasi dapat di pahami sebagai suatu system yang saling berpengaruh antar sesama orang yang saling berkerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Menurut marti organisasi adalah kesatuan social dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut pola tertentu, sehingga setiap anggotanya memiliki fungsi dan tugas masing-masing demi untuk mencapai tujuan bersama.
Pada prinsipnya organisasi memiliki 3 (tiga) unsur dasar yaitu
1.       Orang-orang ( sekumpulan orang )
2.       Kerjasama / struktur
3.       Tujuan yang ingin di capai

Formal
Organisasi
Informal
Paguyuban
Kelompok2 kecil
Org. Publik
Org. Bisnis, dll
Sasarannya lebih kompleks pada keuntungan dan kepuasan konsumen
Berkaitan dengan pelayanan masy. Org nirlaba, lembaga masy (kelurahan, pemda, ormas, lsm, dll) pelayanan masyarakat
                                                        
Organisasi Formal.
Organisasi Formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikat diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan adanya hubungan kerjasama yang Rasional. organisasi formal ini biasa sering di sebut sebagai organisasi yang baku dan legal.
Contohnya : PT, sekolah, ormas, pemda. Dan yang paling besar adalah Negara.
Organisasi Informal.
            Organisasi Informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktivitas serta tujuan bersama yang tidak di sadari.
Contohnya : kelompok geng motor, arisan ibu-ibu, kelompok belajar, komoditas-komoditas yang berkembang di masyarakat seperti fans2 aktris. Dll
            Dalam pembentukan skruktur organisasi ada dua unsur utama yang harus di lakukan yaitu depatermen dan pembagian kerja (division of labor) dapatermen merupakan mengelompokan kegiatan-kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan-kegiatan yang sejenisnya dan saling berhubungan dapat dikerjakan bersama. Pembagian kerja adalah perincian tugas pekerjaan agar setiap individu dalam organisasi bertangung jawab untuk melaksanakan sekumpulan kegiatan yang terbatas. Prinsip pembagian kerja ini merupakan tiang dasar pengorganisasian.

Bagan Organisasi
bagan organisasi memperlihatkan susunan fungsi-fungsi, departemen-departemen, atau posisi – posisi organisasi dan menunjukkan hubungan diantaranya. Bagan organisasi memperlihatkan lima aspek utama skruktur organisasi.
1.       Pembagian kerja
2.       Rantai perinta
3.       Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
4.       Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan
5.       Tingkatan manejemen.
Bentuk bagan organisasi terdiri dari empat macam
1.       Bantuk piramid : bentuk yang paling banyak di gunakan karena sederhana jelas dan mudah di mengerti
2.       Vertical                         : bentuk ini menyerupai dari bentuk piramid dalam hal pelimpahan kekuasaan dari atas ke bawah, hanya bagian vertical berwujud tegak sepenuhnya
3.       Horizontal         : gambar ini mengambarkan secara mendatar, aliran wewenang dan tanggung jawab yang digambarkan dari kiri ke kanan.
4.       Bentuk lingkaran : bagan ini menekankan pada hubungan antara satu jabatan dengan jabatan lain.

·         Menejemen
Dalam sebuah organisasi tidak akan mampu berjalan dan mencapai tujuan apabila tidak memiliki menejemen yang baik.
Banyak literature menejemen yang di kemukakan parah ahli, yang menjadi referensi kita untuk mehami pengertian menejemen menurut kita masing-masing.
Menurut profesor liang lee menejemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut Goerge R. Terry dan Leslie W. Rue dikemukakan bahwa : Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
Menurut James A F Stoner dalam bukunya Management, diungkapkan bahwa : Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumbe`rdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
T. Hani Handoko menyimpulkan bahwa pada dasarnya manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling)
Saya tarik kesimpulan bahwa menejemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dengan mengunakan sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran yang telah di tetapkan.
Menejemen adalah sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin. Untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan yang harus di lakukan oleh seorang ketua dalam organisasi adalah memanfaatkan potensi dan sumber daya dari dalam organisasi semaksimal ,mungkin : adapun potensi sumber daya dari dalam organisasi adalah :
1.       manusia
2.       modal
3.       uang
4.       metode
5.       material
potensi sumber daya dari organisasi inilah yang menghasilkan suatu terobosan proses menejemen dalam sebuah organisasi, dan sumber daya inilah yang menentukan organisasi bakal sukses atau tidak.
Aktivitas menejemen dalam organisasi
            Secara umum aktivitas menejemen dalam sebuah organisasi mempunyai 2 Dua tugas utama, dalam menentukan keberhasilan disebuah organisasi, yaitu efektif dan efesien.
Efektif adalah pencapaian tujuan atau target yang akan dicapai.
Efisien adalah cara dalam mencapai tujuan atau target dengan memperkecil pengerluaran atau pemborosan.
Yang menjadi aktivitas dan fungsi utama dalam menejemen adalah
1.       planning ( perencanaa)
planning adalah suatu fungsi pemilihan alternatif melalui suatu proses yang rasional untuk mengambil keputusan yang objektif.
Fungsi planning dalam menejemen merupakan fungsi dasar dari fungsi-fungsi yang lainnya karena perencanaan merupakan tujuan, arah strategi aturan maupun program yang menjadi bagian penting dalam melaksanakan fungsi menejemen lainnya.
Pada umumnya perencanaan yang di lakukan pada setiap organisasi adalah perencanaan jangkah panjang, menengah dan pendek. Namun perencanaan yang sering di gunakan oleh mahasiswa adalah perencaan jangkah pendek karena hanya 1 tahun dalam menjalankan roda organisasi. Gagal dalam merencanakan artinya merencanakan kegagalan, sehingga lebih baik bersimbah keringat di saat latihan daripada bersimbah darah di medan perang.


2.       organizing ( pengorganisasian)
pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang skruktur organisasi, mengelompokkan dan mengatur pembagian kerja di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat tercapai secara efisien
fokus pada pada tahap pengorganisasian adalah :
-          apa saja tugas yang harus diselesaikan ?
-          siapa yang mengerjakanya ?
-          bagaimana tugas-tugas di kelompokkan ?
-          siapa melapor ke siapa ?
-          dimana keputusan harus di buat
3.       pengarahan
4.       pengontrolan.
Pengawasan dapat didefinisikan sebagai proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dan menejemen tercapai

1 komentar: