Sabtu, 15 Oktober 2011

Iklan Politik Tv “Modernisasi Kampanye Politik Pasca orde Baru”

Iklan politik Tv “ Modernisasi Kampanye Politik Pasca Orde Baru”, merupakan buku yang menarik di baca pada saat ini, karena memberikan suatu gambaran kampanye politik modern  yang sedang di kembangkan di Negara - Negara Demokrasi di dunia,
Buku ini merupakan pengembangan tesis penulis pada program magister manajemen komunikasi politik universitas indonesia, yang berjudul “iklan politik Televisi di indonesia : antara amerikanisasi dan modernisasi”.
Fenomena runtuhnya Soeharto dan Rezim orde Baru memunculkan proses demokrasi dan euphoria politik yang pada masa orde baru sangat terbatasi ruang ekspresi politiknya. Setelah berakhirnya era tiga partai, kini berganti era multi partai dengan keragaman idiologinya dan asasnya. Jika pada masa orde baru partai politik hanya boleh mengunakan pancasila sebagai idiologi politiknya, kini partai politik di bebaskan untuk mengunakan idiologi politik apa saja baik yang berupa idiologi kebangsaan, keagamaan, maupun kerakyatan.
Tercatat, terdapat puluhan partai politik yang dinyatakan lulus verifikasi KPU dan berhak mengikuti pemilu : pada pemilu tahun 1999 ada sekitar 48 partai politik yang mengikuti pemilu, kemudian pada pemilu tahun 2004 ada 24 parpol yang mengikuti pemilu dan pada saat pemilu tahun 2009 yang lalu ada 43 parpol yang mengikuti pemilu di tambah 5 partai politik lokal di aceh. Pada saat pemilu tahun 2004 dan 2009 ada suatu fenomena yang menarik, fenomena ini merupakan suatu aspek komunikasi politik (kampanye politik) yaitu munculnya partai politik dan kandidat melalui iklan politik TV, ini merupakan suatu gaya kampanye politik yang baru di indonesia walaupun benih-benihnya sudah tampak pada akhir-akhir masa orde baru, kampanye yang sebelumnya bersifat pawai massal kini beralih ke metode “mediated campaign televise (swasta), partai politik, calon legislative  dan calon presiden dan wakil presiden ataupun kepalah daerah kini mengandalkan iklan politik TV.
Pergeseran model kampanye politik saat ini menimbulkan suatu perdebatan di kalangan ilmuwan komunikasi politik sebahagian menyakini bahwa iklan politik Tv hanya suatu gejala ”modernisasi” kampanye, sebagian yang lain menyebutkan kampanye gaya baru ini merupakan proses “amerikasasi” atau eropanisasi, karena banyak asumsi dari para ilmuwan komunikasi politik yang menegaskan bahwa model kampanye di dunia-dunia ketiga akan berlangsung seperti di amerika dan eropa.
buku ini mencoba menawarkan cara pandang tentang dinamika kampanye politik di indonesia saat ini sebab saat ini ada kecendrungan bahwa modernisasi gaya kampanye di indonesia pasca orde baru, termasuk iklan politik Televisinya di coba di kembangkan a-historis dan tidak kontektual, para kandindat dan biro iklan terkesan menjiblak dan memindahkan begitu saja gaya kampanye politik di amerika dan eropa ke indonesia. Hal ini sangat mungkin karena masih banyak muncul kegamangan untuk memisahkan gaya kampanye “modern” dengan gaya kampanye “amerika”
            dalam buku ini di bahas secara mendalam tentang gaya kampanye politik dan perdebatan akademis tentang hipotesis gaya kampanye, sehingga modernisasi kampanye di indonesia bisa di lihat dari perspektif yang tidak kontektual dan historis. Oleh karena itu kajian terhadap sejarah perkembangan kampanye di indonesia dapat di posisikan sebagai konteks historis muncul dan berkembangnya gaya kampanye modern di indonesia saat ini, seperti kampanye melalui iklan politik Televisi, di jelaskan juga bahwa factor gaya kampanye amerika tidaklah terlalu menjadi konteks penting dalam perkembangan kampanye di saat ini.
            Buku ini sangat bagus menjadi bahwa bacaan dan referensi di kalangan masyarakat luas terutama oleh kalangan mahasiswa ilmu politik, mahasiswa komunikasi, komisi independent pemilihan (KIP), elit politik, anggota DPR, simpatisan partai dan siswa sekolah Demokrasi aceh utara. Buku ini memberikan inspirasi bagi kita tentang bagaimana mengemas kampanye partai dan kandidat yang efektif dan aman. Sebab kampanye politik adalah sebuah cermin kedewasaan berdemokrasi.

penulis adalah mahasiswa ilmu politik dan sekretaris SMUR 

1 komentar:

  1. Gambling & Casinos | DRMCD
    There is a variety of 경산 출장안마 gambling and casino 안동 출장안마 games at 남원 출장마사지 the casino, many of which are The games are 논산 출장안마 played by 영천 출장안마 professional dealers. You can play them

    BalasHapus